Bencana Pertunjukan Udara Yang Paling Mematikan Dalam Sejarah

Pertunjukan Shoreham di Inggris pada hari Jumat adalah yang terbaru dari beberapa kecelakaan pesawat Spadegaming mematikan selama beberapa dekade

Sebuah pesawat antik menabrak tepi tribun pertunjukan Reno Air pada 16 September 2011. Sebelas orang, termasuk pilot, tewas. (Ward Howes/Associated Press)

Beberapa kecelakaan dan kematian telah merusak pertunjukan udara di seluruh dunia dalam beberapa pekan terakhir – terutama di Inggris, di mana sebuah jet tempur menabrak jalan raya pada hari Jumat, menewaskan sedikitnya 11 orang selama Shoreham Airshow.

– Inggris memberlakukan pembatasan pada pesawat antik setelah kecelakaan
– Kecelakaan pertunjukan udara Swiss menyebabkan 1 pilot tewas
– Penyelenggara pertunjukan udara meyakinkan publik tentang keselamatan

Tapi adegan mengerikan itu diakhiri oleh orang lain.

Pekan lalu di Slovakia, tujuh orang tewas ketika dua pesawat yang sedang berlatih untuk pertunjukan bertabrakan di udara. Seorang penerjun payung tentara AS meninggal pada 16 Agustus setelah pertunjukan di Chicago, dan kecelakaan helikopter tempur Rusia di pertunjukan udara militer di luar Moskow merenggut nyawa seorang pilot pada 2 Agustus. Di Inggris, seorang pilot tewas di pertunjukan lain di Cheshire, baru kemarin, pilot lain meninggal dalam kecelakaan di Swiss.

Ketika bencana ini mencapai penonton atau anggota masyarakat lainnya, jumlah korban tewas cenderung meningkat secara dramatis.

Lima kecelakaan pertunjukan udara paling mematikan yang pernah melibatkan anggota masyarakat. (Peringatan: Video menyertakan rekaman grafis).

Pilot di penjara

Kecelakaan pertunjukan udara paling mematikan dalam sejarah menewaskan 77 orang dan melukai lebih dari 500 orang ketika sebuah jet tempur menabrak kerumunan di lapangan terbang Sknyliv, dekat Lviv, Ukraina, pada 27 Juli 2002.

Sukhoi Su-27 buatan Rusia keluar dari manuver menyelam yang sulit ketika sayap kirinya memotong tanah. Jet itu menabrak sejumlah pesawat yang tidak bergerak sebelum meledak dan menabrak penonton yang ketakutan. Dua puluh delapan anak termasuk di antara yang tewas.

Sebuah komite investigasi menyalahkan pilot – Volodimir Toponar dan co-pilot Yuri Yegorov, yang hanya menderita luka ringan setelah melontarkan diri – karena mencoba melakukan aksi terlalu dekat ke tanah.

Pilot mendapatkan hukuman penjara karena kecelakaan pertunjukan udara yang mematikan
Toponar, yang sebelumnya menyalahkan masalah teknis dan rencana penerbangan yang salah atas kecelakaan itu, dijatuhi hukuman 14 tahun penjara dan denda 1,42 juta dolar AS untuk membantu membayar kompensasi kepada para korban. Yegorov dijatuhi hukuman delapan tahun penjara dan diperintahkan untuk membayar $500.000 AS.

Pengadilan juga menghukum komandan unit pilot enam tahun penjara dan kepala keamanan penerbangan unit empat tahun.

Patah hati

Sepuluh jet tempur dari angkatan udara Italia yang membuntuti asap hijau, putih dan merah menggambar hati di langit di atas pangkalan angkatan udara AS Ramstein di Jerman Barat pada 28 Agustus 1988. Tapi Aermacchi MB-339 menggambar ” panah” yang akan menembus jantung bertabrakan dengan dua lainnya dekat dengan tanah.

Jet pertama menghantam landasan pacu dan meledak, mengirimkan puing-puing yang menyala ke kerumunan. Salah satu pesawat lainnya menabrak helikopter Black Hawk di darat. Pilotnya berhasil melontarkan diri tetapi meninggal saat menabrak tanah. Jet ketiga meledak karena benturan.

Pemain sepak bola liga kecil terbunuh


Sebuah jet tempur menabrak kedai es krim tak lama setelah lepas landas selama Golden West Sport Aviation Show di Sacramento, California pada 24 September 1972.

The Canadair Sabre Mk. 5 gagal mencapai ketinggian, melewati pagar rantai di ujung landasan, dan masih melaju sekitar 240 km/jam ketika melintasi jalan, menabrak Farrell’s Ice Cream Parlor dan meledak.

Di antara 22 orang yang tewas adalah anggota tim sepak bola liga kecil yang sedang merayakan di dalam pada saat itu. 28 orang lainnya terluka. Pilot hanya menderita patah lengan dan kaki, dan akhirnya disalahkan atas kecelakaan itu.

‘Seperti sabit’

Dua puluh orang termasuk 13 anak-anak dan pilot tewas ketika sebuah pesawat bermesin tunggal menabrak kerumunan festival pada 15 September 1951, di dekat sebuah kota kecil di Dataran Timur Colorado. 50 orang lainnya terluka.

Menurut Denver Post, pilot dilaporkan datang terlambat dan melewatkan pengarahan keselamatan yang melarang terbang di bawah 152 meter. Laporan berbeda tentang apakah dia mencoba roll atau loop ketika sayapnya memotong tanah.

Pesawat itu “memotong kerumunan seperti sabit,” kata Post.

Ras mematikan

Sejak dimulainya pada tahun 1964, acara National Championship Air Races telah menyaksikan beberapa kematian dan kecelakaan, yang terburuk terjadi pada 16 September 2011, ketika sebuah pesawat tempur antik yang dimodifikasi besar-besaran masuk ke kerumunan, menewaskan 11 orang termasuk pilot berusia 74 tahun. , dan melukai 69 lainnya.

Korban tewas kecelakaan udara Reno mencapai 11
Selama balapan, pesawat terbang dari ujung sayap ke ujung sayap serendah 15 meter dari tanah, saat pesaing mengikuti jalur oval di sekitar tiang dengan kecepatan hingga 800 km/jam.

Dua puluh satu pilot tewas di balapan Reno selama bertahun-tahun (yang terbaru adalah pada tahun 2014), tetapi bencana 2011 menandai kematian pertama di antara para penonton.

Investigasi menyalahkan modifikasi yang tidak tepat pada pesawat – Mustang P-51, yang dijuluki The Galloping Ghost, yang dibangun selama Perang Dunia Kedua.

Baca juga artikel berikut ini : Kecelakan Pilot Dalam Pertunjukan Udara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

*

*